Perkembangan teknologi di Indonesia cukup pesat, dapat kita ketahui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, bahwa pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Indonesia menjadi bagian dari 4,3 milyar total penduduk di wilayah ini. Separuh lebih dari populasi tersebut, sekitar 56% atau 2,42 milyar di antaranya sudah mendapatkan akses internet. Dan tepat separuhnya, yakni sekitar 2,14 milyar penduduk telah menggunakan sosial media.Berdasarkan peringkat yang ada, rata-rata penduduk Indonesia berusia 15-19 tahun.

Nah, dengan banyaknya populasi yang muda, memberikan peluang bagi Indonesia untuk bisa berkembang di dunia teknologi digital karena mayoritas pengguna internet saat ini adalah para anak muda milenial. Indonesia berada di peringkat tiga dengan pertumbuhan populasi yang mengakses internet sebesar 17 persen dalam satu tahun terakhir. Angka ini sama dengan 25,3 juta pengakses internet baru dalam setahun.

Pertumbuhan populasi pengakses internet Indonesia ini hanya kalah dari Cina dan India. India menempati peringkat pertama dengan 127 juta pengakses internet baru dalam satu tahun. Sementara Cina berada di peringkat kedua dengan 25,4 juta pengakses internet baru dalam setahun terakhir.

Perkembangan teknologi saat ini bagaikan dua mata pisau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen. Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik banyaknya manfaat internet, internet juga menimbulkan banyak dampak yang mengkhawatirkan, mulai dari pornografi, kasus penipuan, dan kekerasan yang semua bermula dari dunia maya.

Indonesia juga termasuk kedalam pengguna internet dengan waktu akses terlama di dunia. Selama hampir setengah waktu sadarnya (16 jam sehari) untuk mengakses internet. Tentu ini konsumsi yang sangat besar dan mungkin mengkhawatirkan bagi sebagian besar pengamat kesehatan. Sebagai generasi millenial, sebaik nya kita memiliki sikap yang bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini, terutama dalam memanfaatkan nya dalam kondisi pandemi seperti sekarang.

Sumber:

https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker