Salam pramuka!

Sebelum kita membahas tentang ambalan Maulana Hasanuddin dan Siti Fatimah alangkah baiknya kita mengetahui makna ambalan. Lalu apakah ambalan itu?

Ambalan itu apa?

Menurut Wikipedia, ambalan penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organisasi dalam Gerakan Pramuka yang terdiri atas paling banyak 32 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6-8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.

Setelah mengetahui makna ambalan mari kita membahas tentang ambalan Maulana Hasanuddin dan Siti Fatimah. Ambalan Maulana Hasanuddin dan Siti Fatimah yang biasa dipanggil ambalan MAHA-SIFA pertama kali berdiri pada tahun 1991, 2 tahun setelah nama PGA ( pendidikan guru agama) diubah menjadi MAN 2 Kota Serang. 

Pradana  (ketua) pertama ambalan MAHA-SIFA adalah kak wajhudin sebagai Pradana putra dan kak Nunik sebagai Pradana putri. Dua tokoh tersebut sekaligus resmi memberikan nama ambalan yang berpangkalan MAN 2 Kota Serang sebagai ambalan Maulana Hasanuddin dan Siti Fatimah.   

Peranan Ambalan itu apa aja?

Peranan ambalan di sekolah jelas tertulis dalam UU No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan pramuka. Gerakan pramuka berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan pramuka melalui kegiatan kepramukaan yaitu pendidikan dan pelatihan, pengembangan, pengabdian masyarakat dan orang tua, serta permainan yang dapat mengasah kemampuan. Ambalan MAHA-SIFA sendiri berharap dapat menjadi wadah bakat bagi siswa MAN 2 Kota Serang.

Untuk mencapai harapan itu, ambalan MAHA-SIFA mengadakan beberapa kegiatan diantaranya MPPT (masa penerimaan penegak tamu), Bantara, wisata Banten, pramuka Expo, laksana, musyawarah ambalan dan ekstrakulikuler wajib setiap hari jumat setelah pulang sekolah.   

Ambalan merupakan bagian dari gerakan pramuka yang dinaungi langsung oleh pramuka nasional yang disebut KWARNAS (Kwartir nasional)  lalu dibagi dalam beberapa daerah dari provinsi sampai kecamatan (KWARNAS, KWARDA, KWARCAB, KWARAN). 

Hal tersebut merupakan keistimewaan tersendiri bagi ambalan MAHA-SIFA dan ambalan lain yang ada di Indonesia. Selain itu, ambalan  MAHA-SIFA merupakan gerakan yang tercatat sebagai organisasi yang berdiri sendiri dan berperan aktif dalam memajukan MAN 2 Kota Serang. 

Prestasi apa saja yang sudah didapatkan Ambalan MAHA-SIFA?

Dalam sejarahnya, ambalan MAHA-SIFA sukses mengikuti kegiatan-kegiatan dan lomba-lomba yang diadakan oleh kota maupun provinsi. 

Pada ambalan MAHA-SIFA periode 2019-2020, ambalan MAHA-SIFA sukses mengikuti kegiatan LOGIKA (lomba giat pramuka) yang diadakan oleh MAN 2 Serang diikuti oleh ambalan se-provinsi Banten dan meraih juara umum, juara 1 tari kreasi dan juara 1 teknologi tepat guna;  RAICAB (raimuna cabang)  yang diadakan oleh pramuka kota (DKC) diikuti oleh ambalan se-Kota Serang; dan GGS-C Ke-V (Galang Tegak Scout ke-V) yang diadakan oleh PONPES Manahijussadat Rangkasbitung,  diikuti oleh pasukan dan ambalan se-provinsi Banten dan sekitarnya meraih juara 2 bank soal dan juara 1 teknologi tepat guna.  

Beberapa anggota ambalan MAHA-SIFA juga sukses mengikuti seleksi dan terpilih menjadi pengurus pramuka kecamatan (DKR). 

Sekian profil ambalan MAHA-SIFA, untuk lebih mengetahuinya mari bergabung bersama kami di ambalan MAHA-SIFA dan bersama kita memajukan pramuka di MAN 2 Kota Serang. 

Ingin tahu lebih lanjut AMBALAN? Silahkan cek di Instagram @pramukaman2_kotasrg ya!

Salam pramuka!

 

Yuk join PRAMUKA MAN 2 Kota Serang!

1. Silahkan klik link di bawah ini 

2. Download file word, lalu isi formulir dengan sebenar-benarnya

3. Setelah mengisi formulir, silahkan kirim kepada contact person.

CP:

0819-0751-4577 (Zaki)

0838-1266-7282 (Acha)


LINK FORMULIR PENDAFTARAN

Ditulis oleh Tim PRAMUKA MAN 2 Kota Serang

Disusun oleh Tim SAMANDA

Illustrasi dari narasumber