OSIS pasti sudah tidak asing lagi kedengarannya. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) menjadi organisasi yang paling umum diketahui karena organisasi ini hampir ada di setiap sekolah di Indonesia. 

Umumnya, OSIS berada di tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih menjadi pengurus OSIS. Sedangkan anggota OSIS adalah seluruh siswa-siswi yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing atau pembina dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah. 

Di MAN 2 Kota Serang sendiri, OSIS MAN 2 Kota Serang termasuk salah satu dari 4 organisasi otonom. OSIS MAN 2 Kota Serang merupakan salah satu organisasi siswa yang sah di sekolah dan memiliki peranan sebagai wadah siswa dalam berorganisasi dan menampung berbagai kegiatan siswa di sekolah. 

OSIS MAN 2 Kota Serang juga mempunyai 4 organisasi naungan yang terdiri dari RISMANDA, PKS, KOMDA, dan GASENDA. OSIS MAN 2 Kota Serang memilki tujuan untuk mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan pembangunan bangsa.

Pengurus OSIS adalah anggota atau siswa-siswi yang mengabdikan diri dan bekerjasama dengan perangkat OSIS pada masa baktinya. Para pengurus OSIS, berawal dari siswa-siswi yang mencalonkan diri lalu dipilih oleh kewenangan Dewan Pengurus OSIS yang sedang menjabat, kemudian bersama-sama pengurus terpilih diambil sumpah dan dilantik. 

Masa jabatan pengurus OSIS adalah satu periode, semenjak dilantik menjadi pengurus dan berakhir pada pelantikan selanjutnya. Untuk mewujudkan peranan dan tujuannya di sekolah, maka OSIS MAN 2 Kota Serang memiliki struktur kepengurusan dan beberapa program kerja.

 

Pengurus OSIS

Pengurus OSIS terdiri dari :

1. Ketua Umum

2. Ketua I;

3. Ketua II;

4. Sekretaris Umum;

5. Sekretaris I;

6. Sekretaris II;

7. Bendahara Umum;

8. Bendahara I;

9. Seksi Bidang 1 ketaqwaan terhadap Allah SWT dan akhlakul karimah;

10.Seksi Bidang 2 pendidikan, bela negara, dan kehidupan berkebangsaan;

11. Seksi Bidang 3 kewirausahaan dan keterampilan;

12. Seksi Bidang 4 hubungan masyarakat dan jaringan;

13. Seksi Bidang 5 keorganisasian, pendidikan politik, dan kaderisasi;

14. Seksi Bidang 6 kesegaran jasmani, apresiasi, dan karya seni;

15. Seksi Bidang 7 teknologi dan informasi.

 

Ada Program Kerja apa saja di OSIS?

Setiap seksi bidang OSIS memiliki program kerja dan agenda. Seksi bidang 1 mengelola kegiatan di bidang keagamaan seperti mengkoordinasikan tadarus pagi dan training dakwah, serta menyelenggarakan kegiatan Maulid Nabi, Isra Mi’raj, dan PHBI lainnya. 

Seksi bidang 2 di bidang kebangsaan, seperti menyiapkan upacara bendera dan menyelenggarakan kegiatan 17an. 

Seksi bidang 3 berusaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan siswa salah satunya melalui kegiatan seminar kewirausahaan. 

Seksi bidang 4 menjalin silaturahmi dengan internal dan eksternal sekolah seperti mengadakan acara tadabbur alam organisator, membantu mempublikasikan informasi terkait lomba-lomba maupun terkait MAN 2 Kota Serang itu sendiri, serta menghubungkan OSIS MAN 2 Kota Serang dengan organisasi internal maupun eksternal sekolah. 

Seksi bidang 5 membantu memperluas wawasan siswa terkait politik salah satunya dengan adanya program kerja kabar politik terkini (KPT) dan juga menyiapkan kader-kader yang berjiwa pemimpin melalui kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) dan MATSAMA. 

Seksi bidang 6 mengelola kegiatan di bidang olahraga dan seni seperti pekan olahraga dan kesenian MAN 2 (POKRADA), art show of MAN 2 (ASHOFMAN), dan kegiatan lainnya. 

Seksi bidang 7 membantu memperluas wawasan siswa terkait teknologi salah satunya melalui kegiatan seminar IT.

 

Sepatah kata teruntuk kamu yang ingin masuk OSIS!

Menjadi seorang pengurus OSIS. Berawal dari pemilihan hingga ke pelantikan. Dari sebuah perkumpulan lalu menciptakan kebersamaan. Jas biru, murid setengah guru, semua bersatu padu menjadi satu. Berjuang bersama untuk mencapai suatu tujuan yang mulia. Proposal, LPJ, jadwal operasional, laporan keuangan, public speaking, surat menyurat, hal itu menjadi akrab di telinga mereka. 

Namun, sudahkah kamu menyadari? ilmu yang tidak kamu dapatkan di kelas sudah pasti mereka dapati. Lelah? pasti. Tapi jangan khawatir, disaat kamu lelah ada mereka yang bakal pastiin kamu untuk bisa tersenyum lagi. 

Ya, keluarga. Dalam kebersamaan, ikatan kekeluargaannya menjadi begitu erat. Dalam kerjasama, hal yang sukar menjadi mudah. Dalam kekompakkan, semua tantangan, hambatan, dan rintangan menjadi mudah.

Maka dari itu, tunggu apalagi? Yuk bergabung bersama kami jadi bagian dari pengurus OSIS MAN 2 Kota Serang! Yuk cek instagram kami @anakeman2

 

Contact person OSIS MAN 2:

0812-1932-8084

0812-8443-6623

 

Ditulis oleh Tim OSIS MAN 2 Kota Serang

Disusun oleh Tim SAMANDA

Illustrasi dari narasumber