Pada tahun 2022 ini, MAN 2 Kota Serang mendapatkan kabar baik mengenai naiknya peringkat sekolah di LTMPT menjadi peringkat 319 dengan skor 544, 943. Tak berhenti sampai disitu, pencapaian membanggakan lainnya juga diperoleh oleh salah satu peserta didik bernama Siti Fatihah Thahirah yang berhasil mendapat skor sempurna untuk subtes kimia.

Metode dan Motivasi Belajar

Sosok yang akrab disapa Farah ini, turut membagikan perjalanannya dalam meraih cita-cita yang ia punya sedari kecil. Farah bercerita dirinya sudah mengikuti bimbel sejak kelas 10 disaat kebanyakan orang lebih memilih mengikuti bimbel ketika menginjak kelas 12.  “Aku ngikut bimbel dari kelas 10, sih. Terus aku sering buat rangkuman atau catatan yang mudah aku ingat dan pahami konsep materinya,” tutur Farah.

Ia juga menambahkan kalau kunci utamanya adalah ibadah dan belajar dengan suasana hati yang baik agar materinya mudah terserap.

Selain menjadi murid yang teladan, Farah juga merupakan sosok anak yang  baik. Dirinya mengatakan  motivasinya adalah untuk membanggakan orangtua. “Kalau aku sendiri motivasinya harus banggain orangtua dan harus ada hasil yang memuaskan selama kita sekolah, karena orangtua, tuh, dukungan yang penting banget buat aku.”

Senang dan Bangga

Mendapatkan skor sempurna dalam UTBK tentu menjadi hal yang dibanggakan semua orang. Terutama bagi Farah sendiri yang memang menginginkan ini sejak kecil. “Out of the box banget dapat di pilihan pertama. Enggak nyangka dapatin cita-cita aku dari kecil. Senang sekaligus bangga,” ucapnya. Farah juga berpesan agar pantang menyerah dan harus berjuang sampai akhir.

‘Kenangan yang Tak Terlupakan’

“Rasanya asik dan seru, sih. Mulai dari teman-teman yang saling dukung, penuh perhatian, dan juga guru-guru yang selalu sabar dalam mengajar.” Begitu kata Farah ketika ditanya kesannya selama menempuh pendidikan di MAN 2 Kota Serang.

Pengalaman-pengalaman seperti berorganisasi, menjalankan kegiatan boarding, disebutnya sebagai kenangan yang tak terlupakan.

Behind Every Great Achievement is A Dreamer

Semua usaha yang dilakukan Farah sejak awal, pada akhirnya tak menjadi sia-sia. Dirinya berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Berikut adalah rincian nilai subtes UTBK 2022 miliknya:

Kemampuan Penalaran Umum: 789 .28

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis: 761 .48

Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 781 .51

Pengetahuan Kuantitatif: 870 .41

Matematika: 813 .44

Fisika: 811 .13

Kimia: 1000 .00

Biologi: 753 .37

Bahasa Inggris: 863 .58

Ditulis oleh Vaz