Latihan pengembangan soft skill dan kekeluargaan PIKR yang diselenggarakan oleh Pusat Informasi dan Konseling Remaja telah usai dilaksanakan pada 15 – 16 Januari 2022, dengan sasaran segenap calon pengurus baru, baik kelas sepuluh maupun kelas sebelas PIKR ASSEGAF yang bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang, Banten.

Pada kegiatan LPSKP kali ini, panitia menitikberatkan pada dua fokus utama LPSKP, yaitu mengeratkan kekeluargaan antara seluruh pengurus PIKR ASSEGAF, menempa, dan mempersiapkan soft skill yang harus dimiliki oleh para calon pengurus.

Pada hari pertama pelaksanaan, yaitu pada tanggal 15 Januari, kak Candra Irawan selaku ketua Genaker kota Serang memberikan materi mengenai public speaking. Pada materi ini, kak Candra membahas perihal pengertian public speaking. Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan publik secara baik dan benar dengan penuh kepercayaan diri serta penguasaan yang baik.

Kak Candra juga memberikan contoh penerapan public speaking yang mencakup beberapa bidang, seperti pidato, stand up, presentasi, master of ceremony, dan lain sebagainya. Di kesempatan itu pula, kak Candra menunjukkan gambar para tokoh terkenal yang dapat dijadikan role model dalam public speaking. Selanjutnya, beliau memberikan contoh penerapan public speaking yang baik dan benar serta menantang setiap peserta LPSKP untuk praktik satu per satu.

Kemudian pada materi kedua yaitu kemampuan soft skill millenial counselor yang disampaikan oleh Rumah Konseling Aku Temanmu. Pada materi kedua ini, narasumber memberikan pengertian seputar konseling yaitu proses pemberian bantuan dengan psikolog atau profesional lainnya.

Acara dilanjutkan esok hari, tepatnya pada hari Minggu, 16 Januari. Pada pelaksanaan hari kedua ini, semua peserta LPSKP ditantang untuk menjelajahi sekitar lingkungan sekolah, sekaligus dituntut untuk bisa berinteraksi terhadap masyarakat sebagai bekal menjadi seorang konselor yang handal.

Dalam kegiatan jelajah, terdapat 4 pos yang di setiap pos nya seluruh perserta diminta menjawab berbagai pertanyaan maupun tantangan yang diberikan. Mulai dari pos 1 yaitu tentang keagamaan, pos 2 soft skill, pos 3 kepemimpinan, serta pos 4 ketangkasan.

Pada pos terakhir tadi, bukan hanya diselipkan dengan berbagai pertanyaan, namun juga dengan games menarik yang menguji kekompakan keterampilan setiap kelompok.

Dengan adanya LPSKP ini, diharapkan seluruh calon anggota PIKR dapat menyerap dan turut serta mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat ke dalam kehidupan sehari hari maupun dalam berorganisasi, demi terciptanya anggota PIKR ASSEGAF yang terampil, handal, serta bertanggung jawab.

Ditulis oleh MRA