Privasi adalah cara yang orang lakukan untuk melindungi diri mereka dengan jalan membatasi akses orang lain kepada diri mereka untuk sementara. Dengan adanya privasi, seseorang dapat menentukan bagi diri mereka sendiri mengenai kapan, bagaimana, dan sejauh apa informasi tentang diri mereka dibuka kepada orang lain. Tidak hanya mengenai ketertutupan diri, pembatasan diri dalam privasi juga melingkupi keterbukaan diri.

Maka tidak mengherankan jika terjadi banyak cyber crime di sepuluh tahun terakhir ini. Termasuk penculikan, jual beli data pribadi, pembobolan rekening, dan lain-lain. Nahh, ikuti cara-cara melindungi privasi di media sosial berikut ini!

1. Go Private

Mengaktifkan mode private di media sosial adalah salah satu cara untuk melindungi privasimu. Ini akan membuatmu yakin bahwa orang-orang yang melihat unggahanmu adalah orang yang kamu kenal di dunia nyata.

2. Menyeleksi Permintaan Pertemanan

Penting untuk tidak langsung menerima semua permintaan pertemanan di media sosial seperti Facebook. Kamu tidak tahu apa niat masing-masing akun yang ingin mengikutimu. Mungkin mereka hanya iseng atau bisa jadi mereka punya niat lainnya.

3. Hindari pilihan sign up atau sign in dengan media sosial

Banyak situs dan aplikasi yang menawarkan kemudahan pada pengguna barunya untuk mengisi data pribadi. Mereka hanya perlu menghubungkannya dengan Facebook, Google Account, atau media sosial lainnya. Memang praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Namun ini akan merugikanmu karena situs atau aplikasi tersebut akan mengambil data pribadimu dengan mudah.