Seiring waktu dan pekembangan zaman yang semakin pesat, teknologi juga berkembang, baik di negara maju maupun berkembang. Peran teknologi saat ini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Siapapun di muka bumi ini diharuskan untuk memahami, mempelajari, dan mengerti  teknologi. Apalagi saat Covid-19 menyerang, semua wajib menggunakan internet sebagai media pembelajaran, pengajaran, transaksi, dan masih banyak lagi.

Dalam perkembangan teknologi yang pesat ini sosial media merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan. Dari yang awalnya bertukar kabar melalui surat menyurat dan terbatas, kini dengan adanya sosial media seseorang dapat bertukar kabar dengan mudah, bebas, kapan pun dan dimana pun. Sosial media yang banyak digunakan saat ini diantaranya adalah facebook, whattsaap, telegram, line, IG, dan twitter.

Keberadaan sosial media mempengaruhi perilaku dan kehidupan manusia. Perkembangan sosial media yang pesat sudah mengakar di kehidupan sehari-hari juga telah mengubah gaya hidup dan pola pikir manusia masa kini. Nilai-nilai kebudayaan masyarakat mulai bergeser dengan adanya sosial media. Ruang-ruang pertemuan di perkantoran, sekolah, dan pusat perbelanjaan berpindah ke ruang-ruang virtual dan dunia maya melalui media sosial. Ia menjadi media interaksi, adaptasi, dan sosialisasi antar sesame manusia.

Berdasar pada paparan di atas, kita harus cermat dalam menyikapi perkembangan teknologi khususnya media sosial ini dengan baik. Hal itu disebabkan oleh dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial. Berikut merupakan dampak positif dari media sosial diantaranya adalah:

  1. Cepat dalam mencari informasi;
  2. Menjadi tempat belajar baru;
  3. Sarana pendidikan jarak jauh;
  4. Dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa asing; dan
  5. Mudah untuk mencari referensi.

Selain dampak positif, ada juga dampak negatif yang harus kita ketahui. Hal itu dapat dilihat pada data berikut.

  1. Memicu kecemasan dan rasa depresi;
  2. Memberi efek kecanduan;
  3. Kualitas tidur yang terganggu;
  4. Terpapar pornografi; dan
  5. Cyber bullying

Perkembangan media sosial mengharuskan kita pandai memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi diri kita dan harus menyikapinya dengan bijaksana.

Sumber : https://www.sitdarulhasanpsp.sch.id/dampak-positif-dan-negatif-sosial-media/