Haloww, Samantions! Gimana nih, hari kalian?

Siapa yang sampai saat ini belum tau insecure itu apa? Kayaknya kata ini booming banget ya, di sosial media belakangan ini. “Ih, insecure deh aku kalau lihat dia” seperti itu kira-kira, hehe.

Sebenarnya, boleh gak sih kita merasa insecure?

Hmm… Sebelum itu aku mau jelasin nih, insecure itu apa sih? Insecure adalah perasaan dimana seseorang merasa tidak aman. Ketidak amanan ini bisa terjadi karena merasa malu, bersalah, kekurangan, ataupun tidak mampu. Terus, boleh gak sih kita insecure ketika melihat orang lain? Eh, insecure yang mana dulu nih maksudnya?

Tentunya insecure terhadap fisik itu tidak baik, ya. Gak usah lagi tuh,dengerin kata-kata orang tentang keadaan fisik kita yang sekarang. Kalian hanya harus percaya diri, diri kamu ya diri kamu, orang lain ya orang lain. Seperti halnya Bunga Mawar dan Bunga Tulip. Mereka tak sama, tapi mereka mampu terlihat indah dengan ciri khasnya masing-masing.

Daripada kita insecure dengan fisik orang lain, lebih baik kita memulai hari dengan bersyukur. Seperti yang terdapat pada firman Allah Swt. :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ⁣

Artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.S Ibrahim ayat 7)

Insecure yang bagaimana sih, yang diperbolehkan dalam Islam?

Contohnya, Insecure dengan orang yang menjaga shalatnya, insecure dengan orang yang murah senyum, atau insecure dengan orang yang menjaga pandangannya. Atau kita juga bisa insecure sama para penghafal Al-Qur’an. Kalau sudah begini kan, kita bisa introspeksi dan memperbaiki diri agar menjadi Hamba Allah yang lebih baik. Contoh insecure yang kayak gini nih, yang bisa bikin kita lebih dekat dengan Allah.

Jadi sekarang, gak ada lagi tuh yang namanya insecure terhadap fisik orang lain. Toh, di mata Allah semua manusia itu sama, yang membedakan hanya amalan yang dilakukan.

Lantas, sudah bersyukur belum hari ini?

Nah segitu dulu yaa pembahasannya. Semoga kalian gak merasakan insecure yang tidak berguna lagi. See you, sampai jumpa semuanya!

(NISA/SAMANDA)