Media sosial adalah salah satu wadah berbagi informasi dengan cepat dan mudah. Media sosial digunakan kalangan muda maupun tua. Saat ini, hampir semua informasi disebarkan melalui media sosial, yang berdampak baik maupun buruk semua ada dimedia sosial. Sosial media merupakan kebutuhan sehari-hari yang akan memberikan dampak kepada masing-masing orang. Beberapa dampak yang dapat diperoleh diantaranya adalah.

1. Media komunikasi

Media Sosial bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkomunikasi di mana pun dan kapan pun.

2. Tempat Berbagi

Media Sosial bisa dijadikan sebagai tempat berbagi, baik itu berbagi curhat, curahan hati, berbagi cerita, maupun berbagi pengetahuan.

3. Menambah Pengetahuan

Tanpa sadar sosmed membuat kita semakin cerdas, semakin banyak informasi yang di dapat, semakin luas juga pengetahuan kita.

4. Tempat Beropini (Berpendapat)

Jika secara tatap muka, mungkin kita merasa malu, takut, dan grogi untuk menyampaikan opini. Namun di media sosial, kita bebas menyampaikan segala pendapat kita tanpa perlu berhadapan secara langsung.

Nah itulah beberapa manfaat baik adanya media sosial. Namun kita harus paham, jika ada manfaat baik, ada juga manfaat buruk yang di timbulkan media sosial, antara lain:

1. Hoax dan Fitnah

Dengan menjamurnya informasi yang ada di media sosial, hal itu dimanfaatkan segelintir kelompok maupun individu untuk menyebarkan berita-berita palsu dengan tujuan dan maksud tertentu.

2. Banyak Akun Kloning

Pada awal tahun 2018, Facebook sebagai media sosial terbesar saat ini mengumumkan bahwa sebagian besar pengguna Facebook memiliki akun kloningan dan akun palsu. Persentase akun duplikat sebanyak 10%, dan akun palsu sebesar 4% dari jumlah pengguna aktif bulanan Facebook.

3. Banyak Mata-Mata

Hal yang paling menyebalkan di media sosial adalah di “mata-matai”. Bisa oleh pasangan, keluarga, hingga orang-orang kantor, dengan tujuan dan maksud tertentu. Hal itu membuat privasi kita sedikit terganggu.

4. Kecanduan

Dengan berbagai fitur yang kekinian di media sosial akan semakin membuat kita kecanduan. Apalagi kalo gak update sehari saja, bisa-bisa di nilai orang yang ketinggalan zaman.

5. Munculnya Tindak Kejahatan

Tidak semua orang itu berkarakter baik di media sosial. Sudah banyak kasus orang-orang yang tak bertanggung jawab menggunakan media sosial untuk berbuat kejahatan, seperti penipuan.

Nah dari berbagai manfaat positif dan negatif di atas, membuat kita paham tentang efek penggunaan media sosial. Namun untuk menghindari hal-hal negatif yang tidak di inginkan, berikut ini adalah tiga tips menggunakan media sosial dengan baik dan bijak.

1. Interaksi sewajarnya saja

Batasi interaksi di media sosial seperlunya saja, baik itu berkomentar, percakapan, atau memberikan sebuah like. Hormati privasi orang lain, lebih baik kita “cukup tahu saja” daripada membuat orang lain merasa tidak nyaman.

2. Bijak membagikan konten

Kita bisa menganggap bahwa semua yang ada di media sosial itu 100 persen mengandung konten baik yang positif maupun negatif. Nah, apakah kamu pernah membagikan konten orang lain di media sosial milikmu ? jawabannnya mungkin pernah.

Jika pernah. Mungkin Anda harus lebih bijak untuk membagikan konten-konten di media sosial kedepannya. Karena jika Anda justru membagikan konten yang negatif, misalnya, propaganda, SARA, rasis, makar, dan sebagainya. mungkin Anda akan terlihat setuju, mendukung, atau mengakui tentang konten tersebut.

3. Jangan suka pamer

Salah satu yang paling menyebalkan di media sosial adalah ketika kita melihat seseorang membuat status yang terkesan mau pamer. Ya, sesekali pamer juga tidak ada masalah, terkadang berbagi semua pencapaian dan prestasi dengan maksud bisa memotivasi orang lain adalah salah satu hal yang positif juga.

Namun hal positif itu mungkin bisa berubah menjadi negatif jika kata “pamer” itu menimbulkan kesan merendahkan orang lain, terlihat sombong, dan terlihat paling istimewa sendiri.

Sumber : https://sepositif.com/cara-menggunakan-media-sosial-yang-baik-dan-bijak/