Biasanya para pemula suka bingung nih, pilih produk atau brand-brand yang kira-kira cocok dan tepat untuk mereka. Saking banyaknya brand aquarel diluar sana mulai dari harga yang rendah-menengah hingga super tinggi, serta perbedaan kualitasnya, pasti bikin bingung kan?!

Makanya disini aku mau rekomendasiin kalian beberapa produk watercolor yang affordable dan cocok untuk para pemula.  Tapi sebelum masuk ke topik utama kita kenalan dulu yuk sama watercolor.

Apasih watercolor itu?

Watercolor atau cat air  itu merupakan salah satu media lukis yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dan memiliki sifat yang transparan. melukis dengan menggunkan teknik watercolor ini biasanya akan terlihat seperti memiliki beberapa layer ketika sudah kering. Selain itu, untuk menggunakan media serta teknik watercolor ini harus menggunakan kertas khusus,loh.

Kertas khusus ini maksudnya adalah kertas yang dikhususkan untuk watercolor dengan tingkat penyerapan air yang berbeda dengan kertas biasanya, jadi gak bisa nih sekedar pakai hvs atau kertas sketsa.

Ada dua jenis kertas yang biasa digunakan untuk watercolor painting. Yakni, cold press  dan  hot press. Perbedaan dari dua tipe kertas ini dimana, cold press memiliki pori-pori yang lebih besar dan cepat menyerap  tetapi memiliki tekstur yang kasar sedangkan  hot press memiliki tekstur yang halus tetapi  pori-porinya lebih kecil dan kurang cepat menyerap air dibanding tipe kertas sebelumnya.

Untuk teknik, watercolor ini pengaplikasiannya berlayer-layer. Teknik yang digunakan biasanya wet-on-wet , dry-on-wet dan  dry-on dry. Untuk lebih lanjut kalian bisa liat berbagai tutorial teknik watercolor di youtube.

Nah,temen-temen sekalian kan udah mulai kenal nih sama watercolor, teknik bahkan media kertasnya. Sebelum masuk ke rekomendasi aku akan sedikit jelasin tipe-tipe cat yang akan aku rekomendasiin ke kalian. Yakni tipe pan  dan tube. Kalau kalian gak tau pan dan tube itu apa sih atau perbedaaanya.

Jadi untuk tipe pan atau kadang disebut juga watercolor cake. Itu dalam bentuk set atau collection. Tipe ini praktis dan cocok untuk traveling. Sedangkan untuk tipe tube kemasannya dalam bentuk tub seperti odol, biasanya warnannya lebih solid dan harganya lebih terjangkau tetapi kurang praktis tidak seperti tipe tube.

Setelah tahu perbedaanya,yuk langsung intip topik utama pembahasan kita!

Berikut 7 rekomendasi watercolor untuk pemula;

  1. MARIE’S WATERCOLOR

Yang pertama adalah maries watercolor, merek satu ini memiliki tipe tube dan pan. sebetulnya aku rekomendasiin keduanya tapi karna tube  jauh lebihaffordable jadi yang akan kita bahas ialah tipe tube seperti yang ada pada gambar. Marie’s watercolor ini merupakan produk import, tetapi kalian bisa menemukannya di toko-toko art suplies terdekat atau bahkan online seperti shopee,tokopedia,lazada.dll. marie’s watercolor tube ini menyuguhkan beberapa varian dan series. Untuk kualitasnya marie’s ini memiliki warna yang terang dan memiliki sifat opaque atau tidak tembus pandang, tetapi sayangnya marie’s watercolor tube ini tidat terlalu pigmented dan agak sedikit memakan waktu untuk kering. Untuk harga marie’s ini di bandrol kisaran 25.000 hingga 73.000 .

  • PENTEL WATER COLOURS

Selanjutnya ialah merk pentel yang mungkin tidak terlalu asing ditelinga kalian, brand ini adalah sebuah perusahaan produsen alat tulis dari jepang. Jadi gak Cuma menyuguhkan media lukis tetapi pentel juga memiliki media tulis seperti pensil dan pulpen yang mungkin salah satu dari pembaca artikel ini pakai,xixi.

Balik ke topik, pentel water colours ini menyediakan 4 varian set yakni, 12,15,18 dan 24. Brand ini merupakan cat air yang berjenis tube dan sangat mudah dicampurkan dan diatur intensitas warnanya.

Untuk warna,pentel menghasilkan warna yang cerah dan pigmented  dengan tekstur yang creamy dan memiliki coverage atau daya tutup yang bagus selain itu pentel juga menghasilkan sedikit efek gouache.

Brand ini dibandrol kisaran harga 51.000-140.000 tergantung varian dan toko yang kalian pilih.

  • MIYA WATERCOLOUR TUBE

Miya watercolour ini memiliki desain tempat yang mewah dan gemoy alias menggemaskan. Selain itu miya watercolor ini hadir dengan dua variant  yakni 12 warna dan 18 warna.

untuk tekstur dan first impression miya ini mirip perpaduan antara revees dan marie’s dengan hasil yang jauh mirip ke marie’s. Warna yang dihasilkan super pigmented tetapi tidak se-mate dan coverage seperti brand pentel. Tetapi tenang saja warna yang dihasilkan dari brand ini cerah dan cantik.

Miya watercolor tube ini dibandrol mulai dari harga 55.000 hingga 88.000

  • REEVES WATERCOLOR TUB

Teksture yang dihasilkan dari brand satu ini cukup cair, bisa dibilang memiliki teksture yang agak mirip dengan miya seperti yang tadi kita bahas diatas. warna yang dihasilkan dari reeves ini sangat vibrant atau cerah, tetapi sayang reeves ini tidak teralalu banyak memiliki warna yang gelap.

Selain itu, reeves ini gampang untuk di blend dan mudah dikerjakan. Dimana brand satu ini memakan waktu sedikit untuk kering. Reeves juga memiliki warna yang opaque.

Untuk harga reeves dibandrol kisaran harga 119.000-245.000  

Overall, dari 4 brand yang kita bahas diatas saya sangat merekomendasikan pentel tetapi tergantung penggunaan masing-masing jika kalian jauh lebih suka watercolor yang creamy dan memiliki coverage yang bagus pentel adalah jawabannya tetapi jika kalian lebih suka warna yang cerah dan memiliki teksture yang cair mungkin saya lebih merekomendasikan reeves.

Eits tapi.., kita belum selesai loh. Kalau kalian masih belum merasa cocok dengan 4 brand berbentuk tube diatas kita masih punya 4 brand lainnya yang berbentuk pan.

5.JOYKO WC-2000

Joyko WC-2000 ini tampil dengan desain yang cukup sederhana dengan dibekali water brush, busa pembersih kuas dan mixing pallete. Yang cocok untuk dibawa kemana-mana apalagi kamu yang selalu kepingin melukis dengan suasana baru.

Untuk warna, produk satu ini menghasilkan warna yang tidak terlalu vibrant walau begitu warnannya tetap terlihat cantik dan soft. Selain itu, ia gampang diblend dan mudah dikontrol serta tidak meninggalkan residu kapur a.k.a chalky.

Untuk joyko Wc-2000 ini dibandrol dengan harga kisaran 65.000-210.000.

  • SUPERIOR WATERCOLOR FAN PALETTE

Mungkin kalian masih asing ya dengan brand satu ini. Jadi brand ini merupkan brand import. selain dengan tampilan seperti kipas ada juga yang seperti joyko wc-2000 tapi sayangnya agak susah ditemuin di indo nih gaes, jadi yang paling sering ditemuin itu tipe fan ini. Tapi tenang, kualitasnya ga jauh beda dan sama-sama bagus.yuk langsung eksekusi!

Seperti yang kita lihat superior tipe ini didesain seperti kipas tangan dengan dibekali 42 macam warna,water brush dan mixing palette.

Tapi,sayangnya ketebalan dari tiap warnannya sangat tipis walaupun ukurannya sedikit panjang.

Untuk kualitas warnannya, superior fan palette ini memiliki warna yang    sangat vibrant dan jelas. Selain itu ia gampang untuk diblend dan dikontrol sehingga sangat cocok untuk para pemula.

Untuk harga superior tipe ini dibandrol dengan harga kisaran 160.000 untuk 42 warna.

  • SIMBALION WATERCOLOR

Yang terakhir kita punya watercolor dari brand simbalion nih, untuk yang satu ini punya harga yang super duper terjangkau tetapi memiliki warna yang cantik dan tekstur yang lembut. Tapi sayang simbalion ini kurang opaque dan agak chalky atau meninggalkan residu kapur jika disentuh. Tapi untuk harganya yang murah dan hasilnya yang cukup cantik watercolor satu ini juga patut dicoba untuk para pemula yang masih baru memulai melukis menggunakan watercolor.

Untuk harganya simbalion dibandrol dengan harga 30.000-80.000 tergantung variant warnya yang kalian pilih.

Sekian rekomendasi aquarel dari aku, semoga kalian terbantu dengan adanya artikel ini dan dapat menemukan produk yang tepat serta cocok. Semangat terus melukisnya, Sampai jumpa lagi!

(RINA/SAMANDA)