Di zaman serba modern ini kita tahu bahwa teknologi berkembang sangat pesat. Di Indonesia, saat ini sedang melakukan program Revolusi Industri 4.0 yang bakal nantinya memajukan bangsa Indonesia pada masa yang akan datang. Tapi sebelum itu, kalian sudah tahu apa itu Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri sering juga disebut sebagai cyber physical system. Revolusi ini menitikberatkan pada otomatisasi dan mengkolaborasikannya dengan teknologi siber. Revolusi Industri 4.0 muncul pada abad ke-21.


Ciri utama dari revolusi industri ini adalah penggabungan informasi dan teknologi komunikasi dalam bidang industri. Munculnya Revolusi Industri 4.0 menyebabkan adanya perubahan dalam berbagai sektor. Jika semula membutuhkan pekerja banyak, namun kini bisa digantikan dengan penggunaan mesin teknologi.

Teknologi dalam Revolusi Industri 4.0;
Mengutip dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), ada lima teknologi yang menjadi fokus utama dalam Revolusi Industri 4.0, yakni:

• Internet of Things (IoT)
IoT merupakan penggabungan mesin digital, mekanis serta komputasi untuk menjalankan berbagai fungsi melalui komunikasi yang terhubung dengan internet. Hal ini dapat menghilangkan interaksi antar manusia serta interaksi dengan komputer. Contoh IoT di Indonesia adalah aplikasi Qlue untuk smart city.

• Big data
Sesuai dengan namanya, big data merupakan kumpulan data yang yang sangat besar dan banyak. Hal ini membutuhkan pengelolaan yang baik dan benar, tujuannya agar bisa mengambil keputusan di organisasi atau perusahaan dengan bijak. Contoh penyedia layanan big data di Indonesia adalah Sonar Platform serta Warung Data.

• Artificial Intelligence (AI)
AI adalah teknologi mesin atau komputer yang memiliki tingkat kecerdasan yang sama seperti manusia. Dalam penggunaan, AI membutuhkan data yang saling berkesinambungan. Contoh penggunaan AI adalah layanan aplikasi chatbot serta pengenalan wajah atau face recognition. Baca juga: Revolusi Industri: Sejarah dan Perkembangan Ilustrasi teknologi.

• Cloud computing
Cloud computing merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai sarana pengelolaan data serta aplikasi. Cloud computing mengharuskan pengguna untuk memiliki hak akses sehingga bisa terkonfigurasi dengan server melalui internet. Contoh cloud computing adalah FreeCloud.

• Addictive manufacturing
Addictive manufacturing sering juga disebut sebagai 3D printing. Teknologi ini ditujukan untuk membuat desain digital sesuai dengan objek nyatanya.

Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/02/193045869/apa-itu-revolusi-industri-40?page=all.