IndonesianDi abad ke-20 sudah banyak perubahan terjadi pada dunia yang memudahkan manusia untuk hidup, salah satunya adalah semakin canggihnya alat komunikasi, transportasi, dll. Dengan canggihnya teknologi dapat membawakan dampak positif sekaligus dampak negatif.

Perkembangan teknologi membuat manusia harus beradaptasi untuk menyesuaikan pola pikirnya. Beberapa tips untuk menyesuaikan pola pikir pada masa perkembangan zaman diantaranya adalah :
1. Open minded pada hal positifKita harus belajar untuk menerima sesuatu yang kedepannya akan berdampak baik. jangan menormalisasikan sesuatu yang negatif untuk terlihat open minded di zaman yang sudah modern ini. Selain itu kita juga harus belajar untuk mendengarkan pendapat orang lain karena kita bisa mempertimbangkan keputusan yang terbaik melalui pendapat banyak orang. Jangan selalu menganggap pendapat pribadi merupakan hal yang paling benar.
2. Buat planning hidup yang baikBuatlah rencana hidup kedepannya. Di zaman yang sangat bergantung pada teknologi ini kita harus menyesuaikan pola hidup, tetapi jangan sampai kita terlalu terbawa pengaruh teknologi seperti menjadi konsumtif terhadap hal-hal baru yang fungsi pakai atau manfaatnya kurang maksimal pada kehidupan kita. Maka dari itu, membuat planning hidup akan lebih membantu untuk menyesuaikan pola hidup.
3. Tingkatkan kemampuan berpikirMeningkatkan kemampuan berpikir atau menjadi lebih kritis merupakan salah satu tips untuk hidup pada era perkembangan zaman. Memperbanyak membaca dan melakukakan re-search di internet sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Pada era perkembangan zaman sangat dibutuhkan SDM yang kritis, cerdas, dan berpikiran terbuka.
4. Sadar teknologiSadarlah akan perkembangan teknologi saat ini. Gunakan smartphone, laptop, komputer dan lainnya untuk mengasah kemampuan di bidang teknologi. Pastikan untuk menggunakan alat komunikasi secara bijak.

Sumber: https://www.suara.com/lifestyle/2018/04/27/191500/6-cara-mengembangkan-diri-agar-siap-menghadapi-era-globalisasi?page=all