Assalamualaikum temen-temen. Wah apa kabarnya nih?  Semoga tetap dalam perlindungan Allah SWT, aamiin. 

Di tulisan kali ini aku bakal bahas tentang sendal loh..  Hayooo ada apa yah dengan si sendal ini?  Yuk kita simak sama-sama. 

Sandal atau sendal adalah salah satu model alas kaki yang terbuka pada bagian jari kaki atau tumit pemakainya. Bagian alas (sol) dihubungkan dengan tali atau sabuk yang berfungsi sebagai penjepit (penahan) di bagian jari, punggung kaki, atau pergelangan kaki agar sandal tidak terlepas dari kaki pemakainya.

Asal kata  sandal adalah sandalion (bahasa Yunani) yang diserap ke dalam bahasa Latin (sandalium), bahasa Prancis (sandale), dan seterusnya.

Pada umumnya sendal biasa dipakai secara berpasangan kanan dan kiri. Namun bagaimana jika sendal hanya dipakai sebelah,  baik kanan ataupun kiri saja. Tentunya tidak elok untuk dilihat bukan?  Islam menganjurkan kita untuk melepas keduanya daripada hanya memakai sebelah. Mengapa? 

Mungkin kita pernah lihat ketika seseorang kehilangan sandalnya sebelah, akhirnya dari pada dia nyeker (telanjang kaki) dia tetap mengenakan sandalnya walau sebelah saja. Sehingga kita lihat dia akan jalan tidak seimbang dan terlihat kurang wibawanya. 

Perbuatan tersebut adalah terlarang, berdasarkan riwayat berikut:

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لَا يَمْشِي أَحَدُكُمْ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ لِيُحْفِهِمَا جَمِيعًا أَوْ لِيُنْعِلْهُمَا جَمِيعًا

Artinya: “Janganlah kalian berjalan dengan memakai satu sandal, hendaknya dia melepaskan keduanya, atau memakai keduanya.” (HR. Bukhari No. 5856 dan Muslim No. 2097)

Dalam riwayat lain Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا انْقَطَعَ شِسْعُ أَحَدِكُمْ فَلَا يَمْشِ فِي الْأُخْرَى حَتَّى يُصْلِحَهَا

Artinya: “Jika tali sandal kalian putus maka janganlah dia berjalan dengan sandal yang satunya sampai dia memperbaiki dulu sandalnya (yang putus) itu.” (HR. Muslim No. 2098)

Nah temen temen, udah pada tau kan alasan kenapa kita ga boleh pakai sendal sebelah? Rasulullah sudah mengingatkan kita agar kita tidak kehilangan wibawa hanya karena perkara sendal, jadi ayo kita terapkan sama sama hadits tersebut. 

Oke, segitu dulu ya pembahasannya jangan bosen bosen mampir ke sini ya. Ada banyak ilmu yang bermanfaat dan juga pahala belajarnya juga loh. Wassalamu’alaikum. 

Disusun oleh Kiki Rizki Tumiba

Sumber: 

Memakai Sandal Sebelah Bolehkah?

https://id.wikipedia.org/wiki/Sandal

Ilustrasi: 

29 thoughts on “Fakta Tak Disangka Dari Sosok Sendal Jepit yang Kamu Pakai!”
  1. I amm actually dlighted to ead this wbsite pksts whch contains plenfy
    off helpful facts, thankks foor providing these kiknds of information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *