Skip to toolbar

Hallo annyeonghaseyo yorobun dikesempatan kali ini aku mau bahas sedikit tentang Korean wave ni, kalian tau gaksih apa itu Korean wave?

Nah sekarang aku mau ulas nih tentang Korean wave maaf ya kalau ada kekurangan hihihi maklum manusia banyak kekurangan dan kelebihannya

Korea? Apa itu Korean Wave?

K-Wave dikenal juga dengan istilah Hallyu yang diadopsi oleh media China yang berarti aliran budaya Korea. 

K-Wave sendiri terdiri atas tiga gelombang. Gelombang pertama berkisar pada awal tahun 1990-an hingga awal 2000-an saat drama dan film Korea Selatan sangat populer di Jepang dan China. 

Kemudian gelombang kedua menyusul pada pertengahan tahun 2000-an ketika drama, film, dan musik Korea populer di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

K-Wave banyak nih jenisnya ada music, drama, film, makanan, style maupun budaya. 

FYI aku juga korban Korean Wave xixixixi aku teracuni oleh lagu Boombayah milik Blackpink, kalian mau tau gak kenapa Korean Wave ni begitu digemari hampir seluruh kalangan? kita ulas yuk!

 

Kunci Sukses K-Wave

Nah kata kedubes korea untuk Indonesia katanya kenapa Korean Wave bisa sukses karna adanya lima faktor ini:

  1. Pencabutan larangan bagi warga Korea Selatan untuk bepergian ke luar negeri
  2. Konsistensi dalam mencari mesin pertumbuhan K-Wave yang baru.
  3. Mempromosikan ekonomi terbuka dan pendekatan aktif terhadap kebudayaan yang beragam.
  4. Pelarangan UU Sensor
  5. Peningkatan investasi untuk infrastruktur internet berkecepatan tinggi.

Wah keren banget yaa, nah kalo faktor investasi beda lagi ni yorobun kata Kyung Jin Han dari SM Entertainment menggaris bawahi lamanya waktu dan besarnya biaya yang diperlukan dalam K-Pop.

“Diperlukan setidaknya 3-5 tahun dan dana sekitar Rp 28 milyar untuk membentuk suatu grup musik, baik boyband maupun girlband hingga berkiprah di kancah internasional,“ tukas Han.

Karena itu tidak mengherankan jika komitmen dan totalitas sektor swasta untuk melibatkan musisi, penulis lagu dan koreografer terkemuka di dunia berbuah manis dengan semakin tenarnya K-Pop di seluruh dunia.

Kalian sendiri juga bisa liat dalam pembuatan music video pada girlgrup maupun boygrup semua menggunakan teknologi yang canggih dan berkualitas makanya gak heran kalau Kpop begitu mendunia

Nah udah tau kan kunci kesuksesan Korean Wave, sekarang kita bahas tentang Korean Pop yuk, seperti yang udah aku bilang tadi aku korban Korean wave bidang musik, kita bahas yuukk 🙂

Ininih Yang Kamu Tunggu Tunggu!

K-Pop, kepanjangannya Korean Pop (“Musik Pop
Korea”), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara.

Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara.

Penampilan kelompok Seo Taiji and Boys pada tahun 1992 menandakan awal mula musik pop modern di Korea yang memberi warna baru dengan aliran musik rap, rock, techno Amerika.

Suksesnya grup Seo Taiji and Boys diikuti grup musik lain seperti Panic, dan Deux. Tren musik ini turut melahirkan banyak grup musik dan musisi berkualitas lain hingga sekarang.

Musik pop dekade 90-an cenderung beraliran dance dan hip hop. Pasar utamanya adalah remaja sehingga dekade ini muncul banyak grup “teen idol” yang sangat digilai seperti CLON, H.O.T, Sechs Kies, S.E.S, Fin.K.L dan g.o.d. Kebanyakan dari kelompok musik ini sudah bubar dan anggotanya bersolo-karier.

Ada tahun 2000-an pendatang-pendatang baru berbakat mulai bermunculanlah, aliran musik R&B serta Hip-Hop yang berkiblat ke Amerika mencetak artis-artis semacam MC Mong, 1TYM, Rain, Super Junior, Big Bang yang cukup sukses di Korea dan luar negeri.

Nah yorobun kalau sekarang nih pasti kalian semua tau BTS (BangtanSeonyodan) grup ini udah mendunia loh udah keliling dunia,

kalau dulu sih tahun 2000an yang terkenal itu seperti Super Junior, bigbang, girls generation dan lain lain.

Tapi seiring berjalannya waktu grup tersebut mulai kehilangan penggemarnya ditambah lagi kewajiban wajib militer yang harus
dijalankan untuk boyband, sedih yaa semoga aja mereka bisa comeback/balik lagi.

Nah, beberapa boy grup atau girl grup dinaungi oleh sebuah agensi nih, banyak banget agensi agensi dikorea, fungsi agensi ini adalah untuk mendebutkan grup tsb,

melatihnya membiayainya jadi trainee adalah hal yang paling berat karena mereka harus berlatih selama beberapa tahun Para ‘calon artis’ biasanya dilatih (di training) nyanyi, dance, vokal, akting, juga kekompakan sesama member dan biasanya dilatihnya itu ga sebulan dua bulan tapi bertahun-tahun hingga ada yg sampe 5 tahun lebih.

Untuk para trainer semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi bila trainer tersebut sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen. Hitungannya bayar biaya selama si artis di trainee. Hmm sedih yaa.

Setelah menjalani masa trainee yang berat mereka debut dan biasanya disebut rookie grup,debut di acara music populer di korea, MNet, Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core, kalo suatu grup/artis bisa
menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown.

Artis wajib ngikutin schedule yg udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm/asrama khusus, Agensi SM, JYP, dan YG termasuk perusahaan yang berpengaruh di Korea!

Karena artis dibawah
manajemen mereka biasanya slalu sukses, dan lonjakan saham mereka juga sedikit banyaknya mempenaruhi perekonomian Korea 

Korean Fans? Fanatik Banget sih

Korean fans itu loyal banget mereka rela ngabisin uang buat beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg berhubungan dg idol mereka

CD/Calendar/dan merchandise Kpop lainnya adalah barang yg paling laris di Korea. justru produk-produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias ga penting-penting banget!

Korean Fans cuma punya 1 fandom/fanbase/fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3 deh.

Mereka konsisten! Kalo udah dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tp ttp ada pengecualian.. misal fandom awal mereka ELF (fans Super Junior), sampe kpnpun mereka ELF.

Kalo misal suka Shinee juga, mereka ga akan menyebut diri mereka Shawol. Paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka  Fans Shinee atau Fans SNSD bukan fandom! fandom mereka cuma 1.

Penjualan album Kpop juga pasti melunjak kalo lagi comeback! Biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD Kpop yang sama!! Alasannya? karena penjualan album Kpop itu yg menentukan peringkat Kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll!

Menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite mereka, karena masuk korean chart penting bangett!!

Ada yang unik nih di Kpop yaitu lightstick, lightstick adalah lampu yang bermotif dan mengeluarkan warna pencetus utama lightstick pada dunia perkpopan adalah Bigbang pada tahun 2005, fungsi lightstick ini adalah untuk menyemangati idol pada saat konser, atau ciri khas suatu fandom.

Nah yorobun itu tadi ulasan tentang Korean Wave, Korean Pop maaf yaa kalau ada kesalahan kata.

Oh iya pesan dariku secinta cinta nya kalian pada korea jangan pernah lupa sama Indonesia negeri kalian sendiri seperti pepatah hujan batu di negeri sendiri lebih baik daripada hujan batu di negeri orang see you gaezz, kamsahamnida yorubunn.

Disusun oleh Bumi Kaesar

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/K-pop

Illustrasi:

https://id.pinterest.com/pin/124060164722918788/

https://id.pinterest.com/pin/577094139741413412/

https://images.app.goo.gl/KsSzBFUJLw3pCeud6 

Apa perasaan kamu?
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0