Di tengah situasi pendemik ini, segala aktifitas dipindahkan menjadi serba di rumah aja, sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mencegah penularan covid-19.

Salah satu aktifitas yang dipindahkan adalah kegiatan belajar mengajar yang seharusnya di sekolah menjadi di rumah. Hal ini menyebabkan adanya proses pembelajaran secara daring.

Metode daring dirasa solusi yang paling tepat dilakukan. Meski beberapa guru sempat kesulitan bagaimana cara mengaplikasikannya.

Banyak guru yang akhirnya memutuskan untuk memilih berbagai aplikasi yang memungkinkan seluruh siswa berkumpul tanpa mengharuskan pertemuan secara fisik. Diantaranya adalah melalui aplikasi zoom, google meet, hingga grup whatsapp.

      Keseruan belajar secara daring dapat dirasakan melalui grup whatsapp. Dengan berbagai macam fitur yang memberikan kemudahan, whatsapp dipilih sebagai sarana pembelajaran secara daring.

Pertama, guru menentukan jadwal kapan siswa dan guru siap untuk belajar. Setelah itu guru memastikan apakah seluruh siswa sudah siap untuk memulai pembelajaran atau tidak. 

Jika dirasa sudah siap, guru memulai pembelajaran dengan menjelaskan materi melalui pesan suara. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk mendengarkan dan memahami, 

apabila terdapat materi yang kurang di pahami, guru mempersilahkan untuk bertanya bisa melalui pesan suara atau pesan tertulis.

Jika dirasa seluruh siswa sudah paham, guru melanjutkan penjelasan materi selanjutnya. Begitupun seterusnya, hingga dirasa pembelajaran hari itu sudah cukup.

Guru mengajak siswa berinteraksi melalui pesan suara dan juga pesan tertulis. Jika dibutuhkan guru akan menggunakan fitur video call untuk berinteraksi dengan para murid.

     Menggunakan grup whatsapp dalam proses pembelajaran daring memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Diantara lain kelebihannya adalah:

1. Dengan menggunakan fitur pesan suara saat menjelaskan materi, dapat memberikan pemahaman yang mudah dan siswa dapat mengulang ulang penjelasan hingga benar benar paham

2. Mengurangi penggunaan kertas

3. Mudah untuk mengulang materi kapan saja

Sedangkan kekurangannya adalah terhambatnya koneksi internet.

Begitulah opini dan sistem belajar daring versi Alliya,

Dibuat oleh Alliya Rahmah

Leave a Reply

Your email address will not be published.