Skip to toolbar

Halo! Assalamualaikum kenalin nama saya Vasthika Hana Sapphira kalian bisa panggil saya Hana biar lebih akrab gitu wkwk. 

Mungkin kalian penasaran selama dirumah aja apa sih yang saya lakuin? Hhm, rebahan pasti si ya, marathon film juga pasti hehe, terus ngerjain tugas yang banyak bangeeett.

Selain itu saya juga ngembangin hobi saya loh, penasaran? Yap! Betul sesuai judul nya hehe saya belajar bikin ilustrasi. Emang masih belajar si tapi saya mau bagi ilmu ke kalian semua bagi yang ada minat di seni rupa. Jadi kita sama sama belajar yaaa.

Sebelumnya mungkin ada yang gatau atau masih awam dengan kata ilustrasi ya?

 

Menurut Wikipedia Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Jadi intinya ilustrasi itu adalah suatu gambar yang memperjelas suatu cerita atau peristiwa.

Mau belajar bikin ilustrasi tapi gabisa gambar tauGapapa kok semua nya juga berawal dari gabisa loh, asal kalian mau usaha dan nikmatin proses nya juga. 

Dulu juga saya ga bisa gambar hehe tapi karna ada kemauan dan usaha allhamdulillah sekarang gambar saya lebih baik dari pada sebelumnya .

Gimana si han tips and trik biar bisa bikin ilustrasi? Oke, ayo mulai jadi tips and trik dari saya itu :

      1. NIAT aja dulu

Gimana mau mulai kalo kalian aja masih males malesan dan ga niat ngelakuinnya? Jadi niat dulu ya teman teman.

      2. Tentuin apa yang mau di gambar

Kalian bisa cari inspirasi gambar dari mana aja bisa dari google, pinterest atau dari alam, pokoknya terserah kalian deh.

      3. Jangan lupa siapin alat dan bahannya  ya

Alat dan bahan itu penting loh dalam membuat ilustrasi ga perlu yang mahal mahal kok pensil dan kertas sebenernya juga udah cukup buat ilustrasi dasar, 

tapi kalau kalian pengen hasil yang memuaskan kalian bisa nabung buat beli cat baik itu cat air, akrilik, dsb. Kuas juga jangan lupa ya. Selain pakai alat dan bahan yang manual kalian bisa juga pakai yang modern seperti photoshop, Adobe Illustrator dsb.

      4. Bikin sketsa nya dulu ya

Sketsa itu rancangan awal dari gambar. Kalau ngegambar tanpa sketsa rasanya kurang pas gitu hehe,bikin sketsa juga banyak manfaatnya loh salah satunya dapat meminimalisirkan suatu kesalahan dalam menggambar atau melukis

      5. Memperjelas hasil sketsa

Setelah bikin sketsa kalian bisa memperjelas hasil sketsa nya dengan teknik line art atau outline untuk pembatas warna dasar.

     6. Proses mewarnai

Setelah sketsa nya sudah di perjelas kalian bisa mulai proses mewarnai, ini bagian yang paling seru si menurut saya, karna di bagian ini kalian bisa sekreatif mungkin menentukan warna tapi jangan lupa warnanya harus seirama satu sama lain agar kelihatan menarik. 

7. Finishing

Setelah semua nya selesai kalian bisa masuk ketahap finishing.

Nah sekian dari saya cara cara bikin ilustrasi, tetep semangat terus ya jangan males buat belajar hal baru.

Oh iya jangan pernah minder sama karya sendiri ya tiap orang punya ciri khas nya masing masing kok, coba sekali dua kali tapi tetap gagal? \

Gapapa kok namanya juga proses coba terus sampai bisa ya nikmatin aja proses nya okey, bye bye semangat ya! Saya tunggu hasil kalian, jangan lupa follow ig ku @vasthikaa doain ya biar dua tahun kedepan saya bisa masuk jurusan DKV hihi (Aamiin).

 

Dibuat oleh Vasthika Hana

Ilustrasi dari Vasthika Hana

Apa perasaan kamu?
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0