Skip to toolbar

Assalamualaikum, teman-teman!

Untuk adik-adikku kelas 10, selamat datang di MAN 2 Kota Serang dan Salam Kenal ya! Kami dari organisasi Sanggar Seni MAN 2 ingin memberi tahu beberapa informasi tentang organisasi kami nih, harap dicermati ya!

Sebagai Organisasi Seni, Sanggar Seni MAN 2 Kota Serang atau yang akrab disebut dengan nama GASENDA. Didirikan oleh Ibu Nenden pada sekitar tahun 2006, yang dulu organisasi ini tidak langsung diberi nama GASENDA melainkan PASEMA yang memiliki kepanjangan yaitu “Padepokan Seni Man 2 Kota Serang”. Nama PASEMA diganti menjadi GASENDA akibat pergantian pembina dari Ibu Nenden menjadi Ibu Siti Nanjar.

Organisasi ini merupakan organisasi non otonom yang berkoordinasi dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tepatnya SEKBID 6 (kesegaran jasmani, apresiasi, dan karya seni). Selain berkoordinasi dengan OSIS seksi bidang 6, GASENDA juga berkoordinasi dengan Komite Olahraga MAN 2 Kota Serang atau yang biasa disebut dengan KOMDA. 

Koordinasi antara OSIS, GASENDA, dan KOMDA dalam bentuk keterlibatan dalam kepanitiaan program kerja, terlibat dalam pemilihan ketua organisasi, dan memberi saran dan masukan.


Kenalan yuk sama kakak-kakak dari divisi kita!

Kami memiliki 3 divisi yang diantara nya adalah Humas, Publikasi dan Dokumentasi, dan PPK (Peralatan, Perlengkapan, dan Keamanan) kalian kepo kan sama tugas divisi masing-masing, nah kalian bakal tau kalau kalian menjadi bagian dari kita. GASENDA juga memiliki Koordinator dari setiap ekskul nya loh! Dan kinerja mereka semua akan selalu di awasi oleh para Dewan Pengurus Harian (DPH) yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekertaris, dan bendahara.

Nah! Sekarang kalian udah tau kan singkatnya GASENDA itu apa. 


Lalu Organisasi ini ngapain aja ya?

GASENDA menaungi seluruh ekstrakulikuler dalam bidang kesenian di MAN 2 Kota Serang. Tentu saja ekstrakulikuler tersebut dapat menjadi sarana untuk menyalurkan bakat kesenian siswa-siswi MAN 2 Kota Serang sesuai minat dan bakat masing-masing. Ditambah alat-alat kesenian yang disediakan oleh pihak sekolah, tidak ada kata untuk tidak bisa mengembangkan dan mengekspresikan bakat yang dimiliki siswa siswi MAN 2 Kota Serang.

Seperti halnya organisasi pada umumnya, GASENDA juga memiliki program kerja yang menarik loh! Program kerja ini dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Yaitu berupa pentas seni yang dimana diselenggarakan oleh para pengurus GASENDA, dimana acara tersebut diisi oleh pementasan semua anggota ekstrakulikuler GASENDA. Acara ini selalu diadakan secara meriah dan diapresiasi oleh seluruh warga MAN 2 Kota Serang.

Program kerja utama GASENDA ialah Pentas Akbar yang akrab disebut dengan nama PENBAR. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada kegiatan PENBAR ditampilkan ekstrakulikuler kesenian yang ada di MAN 2 Kota Serang. Ekstrakulikuler tersebut meliputi kesenian-kesenian lokal yang bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa. Selain dari budaya lokal terdapat juga kesenian dari budaya asing, agar siswa siswi tetap mengikuti arus perkembangan zaman.


Kak, Program Kerja nya cuman satu?

Tentu tidak, kami juga memiliki satu Program Kerja yang tidak kalah meriah nya dengan PENBAR. Program kerja kami yang kedua adalah pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi. Kami menyebutnya dengan Orientasi GASENDA Baru (OGB). Acara ini diadakan dengan tujuan untuk pemilihan Ketua dan Wakil Ketua secara mufakat sekaligus pergantian periode. Acara ini biasa dihadiri oleh para ketua masing-masing organisasi dan juga anggota setiap Ekstrakulikuler, mereka lah yang berhak bersuara dan menyampaikan pendapat kepada para calon ketua.

Tapi tenang guys! Walaupun program kerja kami hanya dua, dijamin kalian bakal sibuk selama kalian menjadi bagian dari kami. Kenapa? Karena kita kerap di undang di setiap acara-acara besar di MAN 2. Dan kita juga tidak boleh lepas dalam memantau seluruh ekskul setiap harinya, loh!

Seluruh ekskul kami juga kerap mengikuti beberapa perlombaan di luar sekolah. Dan kerap mendapatkan juara loh! Contohnya Nasyid, ekskul ini sudah mengikuti kejuaraan sampai kota Jakarta. Lalu ada Karawitan Tari yang selalu tampil memuaskan di setiap kejuaraan yang diikutinya. Ekskul lain juga ga kalah keren loh guys, mereka kerap di undang untuk event-event besar di luar sekolah. Seru banget ya!

Oh iya, GASENDA tidak hanya mengedepankan event-event tetapi kekeluargaan lah yang menjadi panutan kami selama menjadi bagian dari GASENDA. Kami selalu mengadakan kumpulan dan piket akbar di sanggar tercinta! Sanggar yang di atas aula itu loh, kapan-kapan main ya kesana. Dan jadilah bagian dari Sanggar Seni MAN 2.

Ayo dong! Di MAN 2 jangan diem-diem aja, aktif dalam berorganisasi merupakan cara yang tepat untuk menikmati masa remaja kalian di MAN 2. Kami tunggu nama kalian untuk periode berikutnya!

Nah sekian perkenalan singkatnya, gimana? Yakin masih ragu mau masuk GASENDA? Untuk selengkapnya bisa cek ig kita ya @gasenda.man2

Disana kamu boleh stalk highlight, feed, atau bisa juga dm akun kita yaaa, nanti ada kaka-kaka HUMAS yang siap bantu jawab pertanyaan kamu.


Ditulis oleh Tim GASENDA

Disusun oleh Tim SAMANDA

Illustrasi dari narasumber

Apa perasaan kamu?
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0