Pasti Ngga asing nih, sama organisasi yang satu ini. Yap, PMR. PMR itu apa ya?

Palang Merah Remaja merupakan organisasi yang bergerak di bawah naungan PMI. Awal berdirinya PMR Unit MAN 2 Kota Serang adalah saat zaman PGA (Pendidikan Guru Agama) sebelum diubah menjadi MAN 2. 

Pada saat itu terjadi Musyawarah yang menghasilkan sebuah keputusan yaitu membentuk organisasi yaitu PMR. Pada awalnya, PMR hanya sebatas ekstrakulikuler wajib pilihan saja, namun sekarang telah berdiri sebagai organisasi otonom sekaligus ekstrakulikuler pilihan. 

Ada apa saja Program Kerja Dan Kegiatan di PMR?

PMR Unit MAN 2 Kota Serang memiliki struktur bagian yang terbagi ke dalam:
1) Dewan Pengurus Harian (DPH);
2) Unit Pendidikan;
3) Unit Bakti Masyarakat; 
4) Unit Persahabatan;
5) Unit Umum. 

Setiap unit memiliki program kerja dan agenda seperti Pendidikan dan Latihan Dasar, Mitigasi Bencana, Mading, Seminar Kesehatan Mental, Jumat Sehat, Donor Darah Sukarela. Tidak hanya berhubungan di dalam sekolah, PMR pun memiliki program kerja dan agenda di luar sekolah, antara lain Kunjungan ke PMI, Kunjungan ke BNN, Latihan Gabungan, dan Bakti Sosial.

Peranan dan Keistimewaan yang didapat di PMR?

Palang Merah Remaja (PMR) memiliki peranan penting di lingkungan sekolah, masyarakat maupun keluarga. Selain menjadi anggota organisator, seluruh anggota PMR merupakan kader relawan yang siap membantu sesama. Seorang anggota PMR akan dilatih dan dibina terlebih dahulu mengenai materi kesehatan dan kemanusiaan. 

Setelah itu, PMR dituntut untuk dapat menjadi contoh yang baik dalam menerapkan hidup sehat dan menjunjung nilai kemanusiaan. Semua kita mulai dari diri sendiri setelah itu, kita menyebarluaskannya kepada orang-orang sekitar. 

Dengan bergabung ke dalam PMR, kalian akan mendapatkan ilmu pengembangan potensial diri, keorganisasian, kesehatan remaja, serta yang pastinya keluarga!  Dimulai dari menjalani program kerja, membantu sesama, bekerja sama tim hingga mengikuti lomba-lomba kepalangmerahan, merupakan pengalaman yang tidak bisa kalian lewatkan.

Jika kalian merasa bahwa kalian berminat untuk menjadi relawan, bisa cek ke instagram kami @pmrman2_serang. 

Sampai bertemu di PMR!


FORMULIR PMR

Tata cara pengisian formulir PMR:

1. Klik link yang tertera, download file formulir

2. Buka file formulir di aplikasi word

3. Isi formulir dengan sebenar-benarnya

4. Kirim formulir ke alamat email pmrman2kotaserang@gmail.com

 

Ditulis oleh tim PMR MAN 2 Kota Serang

Disusun ulang oleh Tim SAMANDA

Illustrasi dari narasumber