Did you know that our school ini namanya dulu bukan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Serang lhoo… Yup! Dulunya, sekolah tercinta kita yang letaknya di Jl. KH. Abdul Haji Cijawa ini namanya PGAN!! Kaget? Baru tau? Kok namanya bisa berubah menjadi MAN ??? 

Jadi.. PGAN adalah singkatan dari Pendidikan Guru Agama Negeri Serang. Karena adanya kebijakan Departemen Agama yang menghapus PGA, akhirnya PGAN Serang pun beralih fungsi menjadi MAN 2 Kota Serang yang kita kenal sampai sekarang.

Trus? Apa aja sih visi misi sekolah kita ini? Bagaimana mereka dapat mengatasi perubahan murid – murid mereka dengan visi misinya? Ok, MAN 2 ini memiliki visi terwujudnya murid yang berkualitas dalam keimanan dan ketakwaan, kompetitif global dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berwawasan lingkungan dan dapat hidup mandiri. 

Sementara misinya adalah mengembangkan muridnya baik secara akademis maupun non-akademis, mengebangkan Standar Nasional Pendidikan, dan menjadi rujukan dalam pembelajaran imtak dan iptek bagi lembaga pendidikan lainnya. 

Gimana? Keren banget kan visi dan misinya? Kita sebagai murid juga harus bangga pada sekolah sendiri dan turut membantu agar visi misi ini tercapai!

• Identitas Madrasah

Nama Madrasah: Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Serang

Alamat: Jl. KH. Abdul Hadi Cijawa Serang

Piagam Madrasah: E.IV/PP.10.6/KEP/17.A/1998

Statistik Madrasah : 3113221013002

• Visi Madrasah

Terwujudnya peserta didik yang berkualitas dalam keimanan dan ketakwaan, kompetitif global dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, berwawasan lingkungan serta mampu hidup mandiri

• Misi Madrasah

Membina dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan raga peserta didik melalui kegiatan akademis dan nonakademis sehingga merefleksikan kepribadian yang berakhlak mulia, berdedikasi menjalankan syariat Islam, berdaya saing global, berwawasan lingkungan serta memiliki kemandirian.

Memenuhi mengembangkan Standar Nasional Pendidikan sebagai jaminan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Menjadi madrasah rujukan dalam pengembangan pembelajaran imtak dan iptek lembaga pendidikan lainnya. 

• Histori Madrasah

MAN 2 Kota Serang yang terletak strategis di tengah – tengah Kota Serang, tepatnya di Jl. KH. Abdul Hadi Cijawa Serang Banten, berembrio dari lembaga pendidikan keguruan yaitu Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Serang. Sejalan dengan kebijakan Departemen Agama yang menghapus PGA dan dialihfungsikan menjadi MA (SK Menteri Agama No.64 Tahun 1990), maka bedasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 42 Tahun 1992, PGAN Serang beralih fungsi menjadi MAN 2 Kota Serang.

Disusun dengan hangat untuk para Samantions 😉

Ditulis oleh Anonim

Illustrasi oleh fotografer Studio Samanda